Tuesday, May 28, 2013

Nescafe Journey Day 4 : Solo

Hari ke empat kita bergerak meninggalkan Yogyakarta menuju Solo!


Ke Solo Bang!!

Seru deh diperjalanan Yogyakarta menuju Solo, Iman J-Rocks cerita soal ketertarikan dia pada musik Jepang. Jadi gini ceritanya, waktu kecil dia suka maen ke tempat rental video, dan dia iseng aja milih film atau games jepang gitu. Nah, kalo lagu-lagu Jepang, yang pertama kali ngenalin adalah neneknya. Dari situ dia suka banget hal-hal yang berbau Jepang. Makannya banyak ngaruh ke musik-musiknya J-Rocks sekarang.




Terus tadi juga sempet ngobrol cerita dibalik lagu SOS. Katanya lagu itu nyeritain tentang mengenal Tuhan. Kalo lo ingin mengenal Tuhan, lo harus ngenal diri lo sendiri.
Karena hati itu urusan rasa. Kalo kita melakukan sesuatu yang baik pasti senang. Tapi klo ngelakuin yang buruk, pasti ga tenang. Gue langsung ngelamun lho dengerin kata-katanya. Asli, bikin gue buka mata banget, kalo kita pengen hidup tenang ya tinggal melakukan hal-hal yang baik. Simpel, tapi dalem banget maknanya!

Terus gue tanya gimana kita bisa tau mana yang bener? Iman jawab, kalo nyari yang paling bener ya tanya hati aja. Balik lagi ke diri kita sendiri. Kita hidup pasti akan mati, buat apa sih hidup kalo cuman berbuat buruk. Hidup ini untuk sesuatu hal. Tuhan nyiptain kita bukan buat main-main, bukan buat berperang. Kan Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang.

Sumpah, gue ga nyangka banget lagu SOS segitu dalem maknanya. Kadang, gue kalo dengerin lagu ya cuman karena enak didenger aja, ga terlalu merhatiin liriknya. Tapi pas udah ngobrol sama Iman, mata gue jadi terbuka lebaaarrr!!
*tarik nafas dalem2*

Sampe di Solo, kita langsung menuju Lokananta yang merupakan tempat penyimpanan dokumen lagu-lagu Indonesia. Lokananta sebenarnya adalah perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956. Kata Ibu Titi (pengurus Lokananta) sejak berdiri Lokananta sebenernya punya dua tugas besar, yaitu produksi dan duplikasi piringan hitam dan cassette audio. Semacam nenek moyang dari mp3 yang kita denger sekarang gitulah. Lokananta bersejarah banget buat dunia audio Indonesia.



Mbahnya label musik Indonesia

Tadi juga kita sempet masuk ke ruang mastering, ruangan penyelamat data musik Indonesia, karena diruangan inilah kaset piringan hitam di convert ke dalam bentuk digital. Lebih dari 3000 lagu daerah seluruh indonesia ada di Lokananta. Nah, yang seru nih, waktu Malaysia ngeklaim lagu Rasa Sayange peran Lokananta gede banget! Karena ternyata Lokananta nyimpen data bukti rekaman lagu Rasa Sayange. Dan akhirnya Malaysia ga jadi ngeklaim lagu itu. Yeaaayyy!!



Selain lagu, disini juga ada rekaman audio proklamasi dan lagu Indonesia Raya yang asli. Tapi ada juga yang bikin sedih, kata Bu Titi Lokananta itu sebenernya milik pemerintah, cuman sangat kurang baget perhatiannya, jadi para pengelola merawat dengan seadanya. Contohnya nih pita master yang harus disimpen diruangan AC 24 jam dengan kelembaban udara yang harus diatur, tapi ga dilakukan. Karena fasilitasnya kurang memadai.

Beberapa master rekaman
Gue jadi sedih deh, padahal kan harusnya bukti sejarah musik Indonesia harus dijaga dengan baik. Yang lebih sedih lagi, soal upah. Ternyata mereka itu kurang perhatian dari pemerintah, akhirnya masalah upahpun dilakukan secara mandiri. Jadi, seluruh income yang masuk dari Lokananta, 50% untuk biaya operasional dan perawatan, sedangkan 50% untuk upah yang dibagi rata pada semua pengurus dan karyawan. Pendapatan yang masuk itu dari penyewaan studio, penjualan produk piringan hitam produksi tahun 70-90an, sewa gedung, dll. Semua cara mereka lakukan untuk menutup biaya operasional.


Selain itu, ada satu lagi cara yang menurut gue unik. Yaitu dibuka lapangan futsal sebagai upaya untuk mengenalkan Lokananta lebih dekat pada pada anak muda kayak kita-kita ini.
Jadi, buat lo yang nanti liburan ke Solo, jangan lupa mampir ke Lokananta, selain jalan-jalan atau main futsal, lo bisa liat tuh perjalanan dunia musik Indonesia dari jaman dulu pake vynil piringan hitam gitu, terus jadi kaset, dan ampe sekarang udah di convert ke digital. Semuanya akan bikin lo jadi penghargai proses. Karena untuk mencapai tujuan itu ga bisa instant, tapi butuh proses. Karena terlalu fokus ke tujuan kadang suka bikin kita lupa untuk nikmatin perjalanan.


So, create your own journey guys!


Setelah dari lokananta, J-rocks ngejam baeng J-Rockstars di Indomaret Solo. Dari awal tiba di Solo, sampe terakhir onair di radio PTPN, J-Rockstars tetep setia lho nemenin. Salut banget deh gue, loyal banget! Tadi gue sempet nanya ke mereka, kenapa suka J-Rocks? mereka jawab karena J-Rocks itu bikin semangat, udah gitu memperlakukan J-Rockstar kayak ke temen, ramah banget pokoknya! Dan emang bener, gue ngerasain sendiri, mereka semua seru-seru orangnya. Iman tuh penghibur sepanjang perjalanan, karena dia suka nyanyi dari mulai lagu jepang, lagu The Beatles, sampe lagu dangdut biasa dia maenin! Kocak pokonya :D


Korban Berikutnya :D

Oia, hari ini Sansan & Wawa (JRSC Bandung) pulang ke Bandung. Tapi, di bus ga akan sepi lagi karena ada JRSC Solo yang akan ikut kita ke Jember! Welcoming to Antok & Agus di tim Nescafe Journey!

Sampai jumpa di cerita #NESCAFEjourney selanjutnya! *kibasrambut* *sruput kopi* :D



@melzop

No comments:

Post a Comment