Friday, June 7, 2013

Nescafe Journey Day 11 : Padang

Tetap semangat di hari ke 11 Nescafe Journey with J-Rocks #1Spirit yeeeahhh!! *mengacungkan telunjuk ke udara*
Hari ini kita tiba di Padang sekitar jam 13.00 dan ternyata udah ada J-Rockstars yang nungguin di bandara dari jam 7 pagi. Salut bangett!!

Asli nih JRS Padang setia lho nungguin kita dari mulai boarding di Surabaya sampe take off di Padang, dan ga ngelih sama sekali. Keren!

Sampai di Padang kita langsung pergi menuju Solok. Jarak ditempuh cukup lumayan jauh sih sekitar 2-3 jam.
Nah, misi journey di Padang kali ini adalah untuk menghadiri acara pernikahan dan mengkaji inspirasi dari ritual adat Minangkabau.
Sampai di Solok sekitar jam 4 sore, kita langsung datang ke rumah mempelai wanita, uniknya nih anak-anak J-Rocks, termasuk gue juga memakai baju adat untuk menghormati keluarga mempelai baik pria ataupun wanita. Seru deh, Sony sama Iman udah paling cocok banget deh jadi Datuk! :D




Diapit para Datuk J-Rocks :D

Pernikahan adat Minangkabau punya tradisi yang unik. Salah satunya arakan yang kita ikuti tadi sore. Arakan ini disebut 'Tunduk' ritual nganter nasi dari menantu ke mertua sebagai simbol penghormatan.

Anggota Arakan
 
Nah, selain itu yang seru juga pengantarnya yang diwakili oleh para datuk pada berbalas pantun gitu. Seru deh walopun ga ngerti tapi akhirnya ditranslate sama Amdal Gampo Dilangik (kepala suku chaniago). Dia bilang tradisi berbalas pantun itu udah ada sejak dulu, dan kenapa harus pantun karena pantun itu merupakan bahasa ga langsung. Bahasa perumpamaan yang dibungkus dengan sastra.
Keren banget!!
Berbalas pantun diawali di depan rumah, semacam 'minta ijin' untuk masuk pada pihak mempelai pria. Pokoknya semua komunikasi yang terjadi dibikin pake pantun gitu deh, seru!

Anak-anak J-Rocks yang dari tadi antusias banget ngeliat semua ritual itu, langsung dapet inspirasi buat musik yang akan mereka buat. Pulangnya, mereka langsung kolaborasi sama Daammemadukan musik J-Rocks dengan alat musik tradisional minangkabau, talempong dan gendang!


Bersama Para Musisi Minangkabau

Mau tau kayak apa kolaborasi mereka? Tunggu di video nescafe journey edisi Padang!

Momen ini bikin gue buka mata banget sama budaya dan kekayaan Indonesia. Justru harta kita yang sebenernya adalah budaya, adat daerah, seni, dll. Tinggal kita yang muda nih yang melestarikannya, karena kalo lo liat dan terlibat langsung kayak gue tadi sore pasti lo akan lebih sadar bahwa budaya kita itu keren bangeeett!! Coba deh mulai sekarang perhatiin kebudayaan kita, minimal daerah masing-masing deh, cobain terlibat didalamnya. Karena pohon yang tangguh, berasal dari akar yang kuat!
Dan, akar-akar itu adalah kita sendiri :)

@melzop

2 comments:

  1. thats right kak, tapi gimana cara menyadarkan teman teman kita buat memelihara dan menjaga adat tersebut kak? kan gak semua pemuda-pemudi sadar akan kebudayaan.. :)

    ReplyDelete
  2. bukan cuma jrsc padang kag .. tapi payakumbuh juga .. :D
    120 km dari pdang , udh nungguin dari jam 7 pagi. juga.

    ReplyDelete