Saturday, November 30, 2013

Bimbingan Skripsip Part 1

Hari ini, 20 November 2013 merupakan hari yang bersejarah dalam hidup gue.
Kenapa? karena hari ini adalah hari pertama bimbingan skripsip. Sengaja gue tulis skripsip. Karena kata itu merupakan akronim dari kata SKRIPSI dan SIP. ngerti kan maksudnya? Ya biar ngerjain skripsinya jadi lebih sip gitu. Hehehe #krik

Dosen pembimbing gue bernama Pak Dadan Iskandar M.Si. Bukan Jonny, tapi kesamaannya dia juga suka bernyanyi. Kenapa gue tahu karena saat ringtone hpnya ada yang nelpon, melantunlah lagu "Especially for you...." lalu dia ikutan bernyanyi sepanjang hapenya bunyi -..-
Balik lagi ke skripsip gue, yang berjudul "Semiotika Komunikasi Non Verbal dalam Film Non Naratif Epic Java"
Minjem buku ke Sinematek 


Hari ini kami memang sudah janjian untuk bertemu. Minggu lalu, Pak Dadan bilang ada waktu bimbingan hari Rabu pukul 2. setelah gue sms rupanya dia ada rapat dengan jurusan. Terpaksa waktunya diundur, dan gue harus menunggu sampai pak dadan selesai rapat.
Itu sebenernya bagus buat gue karena gue belum ngeprint bab 1-3 dsb. Belum lagi kerjaan yang masih saja ada revisian. Sampai 3x ganti gambar.
Jadi ketika sedang fokus pada skripsip, pikiran gue jadi terbagi pada kerjaan. Tapi, bukan melzop kalo ga bisa multitasking. (sok)

Taken by hp samsung galaxy yag kameranya lagi rusak kena cacar air -..-


Inilah dialog yang terjadi antara gue dan pak dadan sore tadi. Sengaja gue tulis biar nggak lupa dan buat bukti.

Gue masuk ruangan dosen fikom, pak dadan ternyata masih sholat. Sya tunggu sebentar, tak lama kemudian dia menghampiri gue

"Silahkan duduk" ujar pak dadan mempersilahkan gue
"duduk dimana pak?" soalnya ga ada kursi lagi
"udah disitu aja" sambil nunjuk cubicle bu Fini Basarah yanng memang sedang tidak ada di tempat.
"mana skripsinya?" langsung gue serahkan skripsi itu. ia mulai membuka lembar demi lembar. Gue degdegan, takut dinya yang aneh-aneh.

"hhmmmm" si bapa berdehem. tanpa komentar.

"jadi gue ingin ngangkat tentang film epic java pak, film ini tidak ada dialognya pak, jadi hanya gambar dan musik saja" gue sok membuka pembicaraan

tanpa diduga si bapa air mukanya berubah. Jadi lebih excited, dan bilang "wah, menarik itu!, kamu ada videonya?"

"Ada pak, sebentar gue harus online dulu" gue mulai ngubek-bngubek tas, ambil laptop lalu mulai setting modem sampai bisa online.

Setelah berhasil membuka youtube, gue perlihatkan tentang film Epic Java yang ingin gue angkat sebagai kajian penelitian skripsip gue. 



Si bapak mulai memperhatikan dengan serius, gue pindahin laptop ke depan meja Pak Dadan. Lalu gue sodorkan tepat di depan bola matanya. (Oke, ini agak berlebihan)

"Bagus juga" komentar dia. "Ini masih ada di bioskop?" lanjutnya bertanya.
"Masih pak, tapi diputar di Jiffest dan terbatas. Peminatnya banyak, jawab gue semangat menjelaskan.

"Jadi, film ini dibagi menjadi 3 bagian pak. Jawa Barat diwakili oleh tema parahyangan, Jawa Tengah mewakili Sakral, Jawa Timur mewakili tema Surya.

"Tapi kamu tahu tidak kalau film itu ada berapa dimensi?" si bapak mulai menguji kemampuan nih kayaknya.

"Mmmhh, itu tergantung pak mau nonton 2D, 3D, 34B  eh 4DX juga ada" jawaban gue agak sotoy.

Dia mulai mengambil kertas dan pulpen, lalu menggambar sesuatu. Setelah ditunjukkin ke gue, dia menggambar sebuah persegi empat. "Film itu dasarnya terdiri dari 4 dimensi. Dimensi pertama adalah gambar, kedua....(aduh gue lupa! apa ya? -..- ) ketiga dialog, dan ke empat suara.

Begitulah pokoknya panjang lebar si bapak menjelaskan tentang materi yang berkaitan dengan skripsi gue. Dan gue sangat bersyukur mendapatkan dosen pembimbing yang baik, cara menjelaskannya asik, trus orangnya menarik! Mudah-mudahan ini menjadi pertanda yang baik untuk kelancaran skripsi gue ke depannya. Amiinnnn

doc http://stylegerms.com

Pengen cepet kawin lulus, pengen jadi sarjana, dan segera menjawab doa orangtua... 


@melzop
The one who chasing toga 



No comments:

Post a Comment